Cara mencetak label untuk barang

Pencetakan Label adalah bagian dari manajemen persediaan Tingkat Lanjut dan hanya tersedia bagi pengguna yang telah berlangganan fungsi ini.

Label digunakan untuk menandai barang-barang di toko. Label dapat berisi nama barang, SKU, harga, dan barcode. Label dengan barcode memungkinkan Anda menggunakan scanner untuk menambahkan barang ke tiket.

Pergi ke menu 'Daftar barang' pada back office.

'Daftar barang'

Klik 'Cetak label'.

'Cetak label'

Formulir 'Buat label' akan terbuka untuk diedit.

Formulir 'Buat label'

Pilih ‘Jenis label’ dari daftar drop-down template pencetakan yang telah ditentukan.

Pilih ‘Jenis label’

Pilih ‘kolom sumber Barcode’ dari daftar drop-down kolom: SKU, Kode batang, atau Tidak Ada. Jika memilih 'Tidak Ada', label tidak akan memiliki barcode.

Pilih ‘kolom sumber Barcode’

Pilih ‘Toko’ dari daftar drop-down toko Anda, yang mana akan Anda cetak labelnya. Pilih kotak ‘Cetak nama’ dan ‘Cetak harga’ jika Anda menginginkannya dicetak pada label Anda. Label akan berisi harga barang dari toko yang dipilih.

Pilih ‘Toko’

Sistem akan mengingat pilihan Anda dan menyarankan parameter ini sebagai default di waktu berikutnya.

Di bagian ‘Barang’, buat daftar barang yang ingin Anda cetak labelnya. Anda dapat menambahkan barang ke daftar satu per satu di kolom 'Cari Barang', atau Anda dapat menambahkan seluruh kategori dengan mengklik tombol 'Tambah berdasarkan kategori', serta menambahkan semua barang yang ditentukan ke pemasok tertentu dengan mengklik tombol 'Tambahkan berdasarkan pemasok'.

Isi kolom ‘Kuantitas’ dengan jumlah label yang ingin Anda cetak. Kemudian klik ‘Buat label’.

kolom ‘Kuantitas’

Halaman HTML yang dihasilkan dengan label akan terbuka di tab baru browser. Anda dapat mencetak label pada printer Anda dengan mengklik tombol ‘Cetak’.

Halaman HTML dengan label

Dengan cara yang sama, Anda dapat mencetak label dari pesanan Pembelian, pesanan Transfer, atau dokumen penyesuaian Stok.

Buka dokumen Anda dan klik ‘Cetak label’ di menu ‘Lainnya’.

cara lain untuk mencetak label

Jendela ‘Cetak label’ akan terbuka dengan barang-barang dari dokumen.

Sistem akan secara otomatis mengisi jumlah label berdasarkan jumlah barang dalam dokumen Anda. Tetapi Anda dapat memperbaiki jumlah label untuk setiap barang atau menghapus barang yang tidak memerlukan label.

Catatan: Panjang maksimum barcode adalah 80 karakter, tetapi untuk visualisasi yang lebih baik pada label kecil, jumlah karakter optimal tidak lebih dari 18 karakter.

Format barcode pada label yang dihasilkan adalah Code-128, yang mendukung angka 0-9 dan huruf Latin A-Z dan a-z.

 

Lihat juga:

Tinjauan Manajemen Inventaris Lanjutan

Cara Bekerja dengan Pesanan Pembelian dan Pemasok

Cara Bekerja dengan Pesanan Transfer

Cara Bekerja dengan Penyesuaian Stok

Laporan Inventaris dan Sejarah Penilaian

Cara Bekerja dengan Jumlah Persediaan