Cara Menggunakan Varian Barang

Topik

Kegunaan varian memungkinkan anda untuk menyingkat daftar barang-barang, menyederhanakan pembuatan dan pengelolaan-nya. Ini merupakan alat yang nyaman untuk digunakan jika beberapa produk tersedia dalam versi beragam, seperti ukuran yang berbeda, atau warna.

1. Membuat dan mengatur Varian

Pergi ke menu 'Daftar barang' pada back office.

Bagian daftar item Sku VARIAN Variasi

Buka satu barang yang sudah ada untuk diubah, atau buat barang baru. Pada bagian 'Varian', tekan tombol 'Tambah varian'.

bagian 'Varian', tombol 'Tambah varian'


Isi di nama pilihan pada kolom kiri dan varian untuk pilihan ini di kolom kanan. Tekan tombol pada keyboard Anda setelah setiap nama varian selesai dimasukkan.

varian untuk opsi


Jika perlu, buat pilihan lain dengan menekan tombol 'Tambah pilihan'. Anda dapat membuat sampai 3 pilihan berbeda untuk setiap barang. Jangan lupa untuk simpan varian yang telah dibuat.

membuat opsi dengan varian

Sistem akan membuat daftar dari semua varian yang mungkin dari satu barang. Terdapat batasan yakni 200 kombinasi yang mungkin dari varian untuk satu jenis barang.
Harga dan biaya dari varian akan secara otomatis diambil dari barang induk. SKU juga akan dibuat secara otomatis.
Untuk setiap varian, anda dapat memperbaiki semua kolom secara manual: Harga, Biaya, SKU dan menambahkan barkode.

daftar semua kemungkinan varian item

 

Jika Anda memiliki beberapa toko, Anda dapat mengatur harga, stok yang tersedia, dan stok menipis untuk setiap varian di setiap toko.

Varian di bagian Toko

Jangan lupa untuk menyimpan barang yang dibuat.

Anda dapat melihat barang dengan varian-varian di daftar barang.

barang dengan varian dalam daftar barang

 

2. Varian pada Penjualan dan Laporan

Pada saat penjualan melalui aplikasi ponsel, pilih barang dengan varian. Sebuah kotak dialog akan muncul, pilih varian yang diinginkan dari barang tersebut dan tekan 'Simpan'.

Varian dalam kotak dialog selama penjualan
 

Sebuah barang dengan varian yang dipilih akan muncul pada tiket.

barang dengan varian di tiket


Selanjutnya lakukan langkah yang sama seperti yang biasa Anda lakukan.

Anda dapat melihat penjualan dari varian pada back office di menu 'Laporan' dan bagian 'Penjualan berdasarkan barang'.

Varian pada laporan ‘Penjualan menurut item’

 

3. Ekspor dan Impor Varian

Sangatlah mudah untuk membuat varian barang dengan menambah/mengubah barang pada back office. Namun anda juga dapat mengimpornya melalui berkas.
Anda dapat menggunakan tombol 'Ekspor' dan 'Impor' pada daftar barang di back office seperti biasa. Namun, terdapat beberapa poin yang perlu diingat.

Ekspor barang-barang anda dengan varian dan buka berkas CSV.

barang dengan varian dan buka berkas CSV.

Anda dapat melihat bahwa setiap kombinasi dari varian dalam berkas ekspor ditampilkan sebagai barang yang terpisah dari SKUnya.

Kolom 'Penanganan' harus sama untuk semua varian dari barang yang sama.

Hanya kolom dari barang pertama dengan varian yang memiliki harga. Kolom yang umum pada semua varian dari semua barang akan dibiarkan kosong. Anda juga dapat mengisinya dengan harga yang sama, namun jika hal tersebut memiliki harga berbeda, anda akan mendapatkan pesan terjadi kesalahan ketika mengimpor.

Terdapat masing-masing tiga kolom untuk 'Nama pilihan' dan 'harga pilihan'. Jika semua produk memiliki varian kurang dari 3, kolom tambahannya akan dibiarkan kosong.

Catatan: Untuk barang tanpa varian, sebaiknya membiarkan kolom 'Penanganan' tetap kosong di file pengimporan. Dalam kasus ini, sistem akan secara otomatis mengeluarkan penanganan untuk barang baru tersebut.