Ikhtisar Manajemen Persediaan Lanjutan

"Manajemen Persediaan Lanjutan" mencakup seperangkat fungsi tambahan di dalam Back Office yang memungkinkan pengguna untuk mengatur persediaan barang-barang di stok, memonitor perubahan-perubahan yang ada di persediaan, dan juga membuat mekanisme untuk penghitungan indikator keuntungan usaha secara akurat.

'Manajemen Persediaan Lanjutan' ini hanya tersedia untuk langganan berbayar.
Untuk mengaktifkan langganan atau masa percobaan, masuk ke bagian 'Tagihan & Langganan' dalam menu pengaturan Back Office.

subscription for Advanced Inventory at the ‘Billing & subscriptions’ section

Setelah aktifasi, menu 'Persediaan Lanjutan' akan muncul dalam Back Office.

the ‘Advanced inventory’ menu

 

Menu dalam 'Persediaan Lanjutan' meliputi:

Purchase Order - memungkinkan Anda untuk membuat dan menyimpan pesanan untuk persediaan produk, untuk memesan ke supplier, penerimaan produk, dan untuk menyimpan informasi supplier dalam sistem.

Susunan Transfer - memungkinkan pemilik banyak toko untuk mendistribusikan barang-barangnya dengan benar antara satu toko dengan toko yang lain.

Pengaturan Persediaan - memungkinkan Anda untuk merubah jumlah stok barang dan memberikan alasan atas perubahan tersebut.

Riwayat Persediaan - memungkinkan pengguna untuk melihat catatan atas perubahan-perubahan yang dilakukan pada persediaan, termasuk transfer-transfer, pembelian pesanan, dan penyesuaian.

Laporan Penilaian Persediaan - memberikan gambaran atas total biaya persediaan dan potensi keuntungan dari penjualan.

Opsi Persediaan Lanjutan mengubah tampilan bentuk item dan cara biaya item tersebut dihitung.

Ketika Anda membuat item baru, Anda dapat menambahkan harga dan biaya seperti biasa. Namun, ketika Anda mengaktifkan fitur 'Lacak Stok' di bagian persediaan, Anda akan melihat bidang tambahan yang hanya tersedia dalam Persediaan Lanjutan. Untuk 'Pemasok utama', Anda dapat menetapkan pemasok tertentu untuk produk dari daftar dan mengatur 'Biaya pembelian default'.

 ‘Track stock’ with the Advanced Inventory

Setelah Anda menyimpan perubahan dan membuka item untuk mengedit lagi, bidang 'Biaya' akan berubah ke bidang 'Biaya rata-rata' yang tidak dapat bisa dirubah. Bidang tersebut akan dihitung secara otomatis ketika Anda menerima item menggunakan fungsionalitas Persediaan Lanjutan.

‘Average cost’ uneditable field

Nilai item biaya setelah menerima item baru (NewCost) dihitung sebagai:

$$NewCost = {(StockBefore × CostBefore+StockAdded × CostOfAdded) \over (StockBefore+StockAdded)} $$

StockBefore - stok sebelum penerimaan item baru
StockAdded - banyaknya item baru yang diterima
CostBefore - biaya sebelum penerimaan item baru
CostOfAdded - biaya dari item baru yang diterima

Nilai ini biaya akan digunakan dalam semua laporan dan perhitungan nilai lainnya.